Warga Desa Dadibou Demo Diakhir Jabatan Bupati Tagih Janji Terkait Ini




Jurnal Bima, 13 Februari 2020


Pada hari Kamis tanggal 13 Februari 2020 pukul 10.11 SD 12.41 Wita, Bertempat di Depan Kantor Bupati Bima Jln. Lintas Prov Sumbawa Bima Dusun Godo Desa Dadibou Kec. Woha Kab. Bima,Telah berlangsung kegiatan aksi unjuk rasa dari Aliansi Persatuan Pemuda Dadibou Kec. Woha Kab. Bima yang bertindak sebagai korlap Sdr. Hidayatullah dengan estimasi massa sekitar ± 30 orang.

Tuntutan masa aksi :

1. Berikan pekerjaan untuk Masyarakat Dadibou.
2. Menagih kembali janji Bupati terhadap masyarakat Dadibou.
3. Membuat surat pernyataan Bupati .


Pukul 10.11 Wita masa aksi tiba didepan Kantor Bupati Bima Jln. Lintas Prov Sumbawa Bima Dusun Godo Desa Dadibou Kec. Woha Kab. Bima langsung melakukan orasi secara bergantian yang intinya :

a) Dalam beberapa persoalan yang terjadi di desa dadibou, khususnya dalam persoalan ekonomi.namun kita coba refleksikan kembali pada sejarah beberapa tahun yang lalu dari tahun 2000-2010 keadaan ekonomi di desa dadibou cukup membaik dan mampu meminimalisir dampak kemiskinan di masyarakat .

b) Namun selepas dari pada saat penimbunan mulai terjadi di wilayah desa dadibou yang mayoritasnya petani mulai mengalami krisis ekonomi. Karena sebab lahan tempat pencarian masyarak mulai menyempit sehingga membuat pendapatan masyarakat di tiap tahunnya semakin berkurang dan tidak cukup memadai untuk menyambung hidup masyarakat desa dadibou. jadi dari persoalan ekonomi tersebut.

c)  Lahan pertanian diwilayah Dadibou sudah habis buat membangun Komplek Pemerintah kabupaten Bima dan kami meminta kepada Pemda Kab. Bima untuk mempekerjakan warga Desa Dadibou sebagai tenaga Sukarela di pemda Kab. Bima.

Pukul 10.28 Wita, Penyampaian kapolsek woha Iptu Edy Prayitno yang intinya :
a).silakan menyampaikan aspirasi dengan sopan dan santun, kami tidak menginginkan terjadinya aksi anarkis .
b).kami datang mengamankan dan mengawal aksi kalian, saya mohon silakan sampaikan aspirasi kalian dengan baik dan sopan, ini kantor milik kita semua dan mari kita jaga aset daerah ini karna aset daerah wajib kita lindungi .

c).jangan melakukan aksi yang melanggar ,mari kita bicarakan dengan baik tidak ada masalah yang tidak bisa kita selesaikan dengan baik.
d).kami dari kepolisian tidak ingin terjadi benturan, apa yag saya sampaikan mohon di indahkan dan kami siap mengawal apa yang menjadi tuntutannya hari ini kepada pemerintah daerah.

e).respon dari pemerintah daerah sudah ada dan akan di terima  oleh asisten I H.Rutarman .

Taggapan Kabag Ops. Polres Panda IPTU Danil
1). Jangan Merusak Fasilitas kalau memang bersih keras nanti korlapnya saya tangkap
2). Alasan pengerusakan pintu ini apa? Sementara  Pintu  disebelah timur sana sudah dibuka dan tidak ada orang yang bermaksud untuk menghalangi orasi kalian sepanjang itu tidak anarkis.

Pukul 11.06 Wita Kasat Pol PP Kab. Bima H. Sumarsono SH., MH. tiba di lokasi memberikan tanggapan dan menyarankan agar mau melamar pekerjaan supaya bisa menghubungi kami  karna selama ini dari pihak adik2 belum pernah bertemu dengan kami. Kalau memang ada apa-apa agar bisa menghubungi kami, apa yang tidak bisa kalau memang di bicarakan dengan baik2, jangan langsung orasi dan mencaci maki pemerintah.


Pukul 12.17 Wita perwakilan masa aksi diterima oleh asiten 1 pemda Kab.Bima Bapak H. Putarman yang Intinya :

a) Kewajiban Staf hanya melaporkan ke Sekda dan sekda akan melaporkan ke Bupati/Wakil Bupati bima terkait masalah ini.
b) Saya tidak bisa memastikan hari senin Bupati Bima bisa menerima perwakilan masa aksi karna yang bisa memastikan adalah Sekda Kab. Bima.
c) hari ini Bupati Bima sekarang lagi ada kegiatan partai dan tidak bisa hadir untuk menemui massa aksi.

Tanggapan dari Perwakilan masa aksi terkait pertanyaan Asisten 1 yang intinya :

a) Saya meminta kepada bapak asisten 1 untuk memfasilitasi pertemuan kami dengan bupati Bima dan wakil bupati bima.
b) Bupati harus mementingkan kepentingan rakyat dari pada kepentingan Partai.
c) Kami meminta kepada asisten 1 untuk memfasilitasi kami untuk menemui Bupati Bima di Rumahnya.
d) Kami hari Senin akan kembali lagi dengan massa yang lebih besar dan akan melakukan Boikot jalan lintas Prov Sumbawa Bima.

Pukul 12.30 Wita Karna tidak ada jawaban yang pasti dari asisten 1 Bapak H.Putarman masa aksi meninggalkan ruangan Asisten 1.


Pada hari senin tanggal 17 februari 2020 Massa aksi akan melakukan baikot Jalan Negara Lintas Bima Sumbawa, Seandainya Bupati Bima tidak menyikapi tuntutan massa aksi dengan benar dan serius

Pukul 12.41 Wita Massa aksi membubarkan diri dengan aman dan tertib .

Adanya aksi unjuk rasa ini,menagih janji mantan Bupati Bima Bapak Ferry Jukarnain ST tahun 2011 untuk mempekerjakan masyarakat Desa Dadibou di Pemda Kab. Bima sebagai tenaga sularela saat pembebasan lahan untuk membangun Kompleks Pemerintah Kab. Bima.

Karna tidak ada tanggapan dan jawaban yang pasti dari pihak pemda dan Bupati Bima tidak menutup kemungkinan massa aksi akan melakukan aksi yang sama.

 ( Dan )