Kejaksaan NTB Berhasil Bekuk Pelaku Terpidana Narkoba, Ini Pelakunya





Jurnal Bima, 21 maret 2020



Jumat tanggal 20 Maret 2020 sekitar pukul 14.00 Wita di Kelurahan Turida Timur Kec. Sandubaya Kota Mataram telah dilakukan kegiatan pengamanan terhadap terpidana Narkotika atas nama Jaka Ahmadi Als. Jaka oleh Tim Gabungan TABUR (Tangkap Buron) dari Kejari Mataram dan Kejaksaan Tinggi NTB yang di backup oleh Tim dari Polresta Mataram.

Sebelumnya terpidana sudah dilakukan pemanggilan secara patut untuk pelaksanaan eksekusi Putusan Mahkamah Agung RI namun tidak pernah memnuhi panggilan tersebut kemudian Tim Tabur Kejari Mataram melakukan  pemantauan dan pengawasan keberadaan dari terpidana selama 2 Minggu dan ternyata terpidana sering tidak berada dirumah.

Selanjutnya pada hari ini Jumat  Tim Tabur Kejari Mataram dan Tim Tabur  Kejati NTB melakukan pemantauan dan pengawasan dan ikut sholat jumat di sekitar kampung dari terpidana.

Setelah selesai melaksanakan Sholat Jumat Tim langsung bergerak ke rumah terpidana dengan backup dari Tim Satnarkoba Polresta Mataram yang pada saat itu jiga membawa 2 (dua) anjing pelacak dan Tim menemuka terdakawa sedang berada di rumahnya di Kelurahan Turide bersama keluarga dan orang tuanya, dan pada saat itu Tim Tabur Kejari Mataram memberikan penjelasan untuk pelaksanaan eksekusi namun orang tua terpidana keberatan dengan alasan sedang dalam Peninjauan Kembali selanjutnya dijelaskan bahwa PK tidak menunda pelaksanaan eksekusi Putusan MA namun pihak keluarga  tetap keberatan dan  terjadi kisruh perlawanan dari orang tua terpidana dan beberapa orang keluarga dan masyarakat disekitar rumah terpidana  kemudian dikakukan beberapa tembakan peringatan dari Tim Polres Mataram utk menghalau Massa selanjutnya  terpidana langsung dibawa secara pakasa menuju Kantor Kejari Mataram untuk dilaksanakan proses Eksekusi terhadap terpidana.

Putusan Terpidana dituntut oleh Penuntut Umum 15 Tahun Penjara namun pada pengadilan Tingkat Pertama yakni Putusan Pengadilan Negeri Mataram Nomor: 679/Pid.sus/ 2018/PN. Mataram tanggal 14 Februari 2019 terpidana dinyatakan tidak bersalah dan dibebaskan dari segala tuntutan hukum.

Selanjutnya Penuntut Umum Kejaksaan Tinggi NTB melakukan upaya Hukum Kasasi dan dinyatakan bersalah berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI No. 1995.K/Pidsus/2019 tanggal 19 Agustus 2019 dan dihukum 10 tahun pidana penjara.

Terpidana di tuntut Pasal 114  UU  jo Pasal 132 UU No. 35 Tahun 2009 tetang Narkotika dengan barang bukti 274 gram sabu sabu dengan berkas terpisah dengan terpidana Endang Sriningsih dan Agus Mulyana yang saat ini sedang menjalani masa pidananya selama 9 Tahun Penjara berdasarkan Putusan PN. MATARAM.

Sekitar Pukul 14.40 Wita Tim yang membawa terpidana tiba di Kantor Kejari Mataram dan dilaksanan proses administrasi ekseskusi terhadap terpidana Jaka Ahmadi Als. Jaka.
8.Sekitar Pukul 15.00 Wita terpidana langsung dibawa ke LAPAS Mataram setelah proses administrasi di Kejari Mataram selesai dilaksanakan.


Bahwa sekitar pukul 15.10 Wita terpidana tiba di LAPAS Mataram dalam keadaan aman dan Proses Eksekusi berjalan lancar.


( Dan )