Kadis DIKBUD NTB Umumkan Perpanjang Libur Sekolah Dari 13 April Sampai 27 April





Jurnal Bima, 11 April 2020


Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengeluarkan kebijakan dengan kembali memperpanjang masa blajar mandiri di rumah hingga 27 April 2020.

"Masa belajar mandiri di rumah diperpanjang dari 13 April sampai tanggal 27 April 2020," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, H Aidy Furqon di Mataram, Kamis.


Ia menjelaskan kebijakan itu diambil lantaran menyikapi perkembangan situasi dan kondisi di daerah seiring merebaknya virus Corona.

Menurut dia, perpanjangan masa belajar mandiri di rumah itu tidak hanya untuk siswa, tapi juga berlaku bagi para guru yang ada di lingkup SMA/SMK/SLB di NTB.

Ia berharap para orang tua berperan aktif ikut terlibat untuk mengajarkan dan membimbing anak-anak melalui pembelajaran sistem dalam jaringan (daring).

"Guru memberikan layanan pembelajaran dari rumah, baik dengan strategi daring, semi daring maupun konvensional," kata Aidy Furqan.


Jadi guru tetap bertugas dengan WFH (Work from Home). Siswa belajar mandiri untuk mencapai kompetensi mata pelajaran agar memenuhi kriteria lulus atau naik kelas," imbuhnya.

Selain itu, ia mengaku telah melakukan evaluasi pada masa penanganan COVID-19. Ada beberapa hal yang didapati untuk dijadikan perhatian bersama.

Antara lain, kata dia, terkait dengan kendala pembelajaran mandiri dari rumah,dimana masih ada siswa belum memiliki handpone untuk pembelajaran daring, sehingga pembelajaran hanya mencapai 55 persen yang terlayani.


Siswa juga sering ganti nomor HP, sehingga terputus layanan pembelajaran. Tidak semua guru mampu melakukan pembelajaran berbasis teknologi," terangnya.

Selain itu,lanjutnya, masih ada guru yang tidak aktif dalam memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran. Kendati demikian, ia tetap mendorong para guru untuk terus optimistis dan berbuat di tengah keterbatasan. "Mari kita tetap bertugas dan berkarya meski dalam suasana yang terbatas," katanya.


( Dan )