Demi Keamanan Mewabah Virus Korona Bandara SMS Ketat Periksa Suhu Tubuh Penumpang





Jurnal Bima, 7 April 2020

Sebagai pintu masuk udara, khususnya untuk wilayah daerah Kabupaten/Kota Bima dan Dompu, pihak Bandara Sultan Muhammad Salahuddin (SMS) Bima secara intensif melakukan pengawasan ketat sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Untuk diketahui, Bandara SMS Bima telah menetapkan Siaga Dua untuk Covid-19 sejak akhir Februari Lalu, dan akan terus dintensifkan hingga waktu yang belum ditentukan.

Otoritas Bandara SMS, melalui kepala Seksi Teknik Operasi Keamanan dan Pelayanan Darurat (TOKPD), Punto Widaksono, menyampaikan, sejumlah upaya yang dilakukan, seperti  penggunaan alat khusus untuk memindai suhu badan (Thermal Scanner) penumpang.

Pemeriksaan dilakukan mulai dari penumpang yang masuk (berangkat) hingga kedatangan (yang tiba) di Bandara (SMS Bima). Jadi kalau ada penumpang yang terpindai memiliki suhu badan 38°C, disertai demam dan gangguan pernafasan, maka penumpang tersebut akan langsung diamankan di ruang karatina yang sudah disediakan dan statusnya dalam pengawasan,” ujar Kunto.

Sementara untuk Warga Negara Asing (WNA) yang mengalami gejala seperti di atas, lanjutnya, pihak bandara akan langsung membawanya ke Rumah sakit yang ditunjuk menggunakan Ambulans yang disediakan Bandara.

Kunto mengaku, dalam upayanya tersebut Bandara bekerja sama dengan sejumlah instansi terkait. Seperti, Dinas Kesehatan dan rumah sakit yang ditunjuk yakni Rumah Sakit Umum Sondosia untuk karantina penumpang terindikasi.

Selain itu, upaya lain yang dilakukan Bandara , yakni dengan melakukan penyemprotan disinfektan diseluruh bagian dari bandara kebanggaan masyarakat bima ini.

Penyemprotan disinfektan ini, memang dinilai efektif untuk mencegah merebaknya Covid-19.

Sementara kepada para penumpang dan seluruh karyawan Bandara, Kunto menghimbau agar menggunakan masker. “Dengan cara seperti itu, minimal bisa mencengah tertularnya virus yang tergolong berbahaya ini,” terangnya.


( Dan )