Desa Rabakodo Woha Besok MUSDES Pembahasan Pembagian BLT Desa 600 Ribu




Jurnal Bima, 28 April 2020


Berikut adalah mekanisme pendataan BLT Dana Desa:

1. Mekanisme pendataan BLT Dana Desa yang pertama akan dilakukan oleh Relawan Dessan Lawan Covid-19. Setelah data terkumpul, selanjutnya pendataan akan fokus pada lingkup RT, RW, dan Desa.

2. Kemudian, hasil pendataan sasaran keluarga miskin akan dilakukan musyawarah Desa Khusus, atau musyawarah insidentil. Dalam musyawarah ini akan membahas agenda tunggal, yaitu validasi dan finalisasi data.

3. Setelah dilakukan validasi dan finalisasi, mekanisme pendataan BLT Dana Desa selanjutnya akan dilakukan penandatanganan dokumen hasil pendataan oleh Kepala Desa.

4. Hasil verifikasi dokumen tersebut, selanjutnya akan dilaporkan kepada tingkat yang lebih tinggi yaitu Bupati atau Wali Kota melalui Camat.

5. Terakhir, program BLT Dana Desa bisa segera dilaksanakan dalam waktu selambat-lambatnya 5 hari kerja per tanggal diterima di Kecamatan.


Hasil Konfirmasi dengan kepala Desa Rabakodo yaitu Drs. Zumaardani M.Nur pada selasa siang (28/4) membenarkan bahwa akan duduk bersama BPD dan masyarakat dalam pembahasan pendataan untuk BLT Desa.

Selain itu dirinya mengukapkan dengan topik utama pembahasannya adalah membahas penanganan kelanjutan korona skaligus pembahasan BLT Desa ungkap Zumardani.


Lanjut Zumardani bahwa Rabakodo telah menggarkan kurang lebih 280 sekian juta untuk penanganan Korona termasuk di dalamnya BLT untuk lebih jelasnya besok di Musdes" Tutupnya.


( Dan )