Kabid Tenaga Kerja: TKI Asal Bima Terkena Dampak LOCKDOWN Sejauh Ini Aman




Jurnal Bima, 17 April 2020

Pemulangan CPMI dalam proses pemulangan warga bima diluar Negri pihak PT terap berkoordinasi dengan DISNAKER mengigat wabah virus korona tidak menutup kemungkinan CPMI pun bisa terjangkit dengan virus yang mematikan tersebut.


Irfan odu Kabid ketanaga kerjaan dalam siaran PERS dirinya mengukapkan semua PT resmi dalam membrangkatkan CPMI itu tetap berkoordinasi dengan kami apalagi dalam proses pemulangan kami wajib mengetahui kepulangannya.


Mengigat wabah korona juga memungkinkan terjangkit pada CPMI kami selaku DISNAKER pasti akan melakukan evaluasi, edukasi dan karantina ucap Irfan selasa (14/4).


Irfan juga meminta kepada CPMI yang sudah pulang wajib melaporkan diri baik pada ketua RW, RT maupun Desa selain itu mereka wajib melakukan isolasi mandiri dirumah masing masing.


Lanjut Irfan, kami sangat khawatir jika langkah itu tidak dikerjakan oleh CPMI maka akan memunculkan kehawatiran apalagi adanya istilah OTG (orang tanpa gelaja) namun sejauh ini masih aman sedangkan proses karantina tetap kami lakukan jika terjadi pemulangan dan pihak PT pun setiap saat tetap memberikan laporan terhadap kondisi TKI kita diluar negri.


Terkait pemulangan CPMI pihak DISNAKER tidak boleh melarangnya karena sudah keluar surat rujukan KEMENAKER disana ada dua pilihan yaitu boleh dipulangkan dan boleh bertahan namun pihak PT juga tidak boleh membatasi.



Terkait LOKDOWN untuk TKI asal bima yang negaranya terkena dampak LOCKDOWN sampai saat ini TKI kita dominan kerja dirumah bukan di PT sehingga dampak LOCKDOWN tidak berpengaruh pada TKI disana karena mayoritas sebagai pembantu rumah tangga namun laporan itu kami tetap menunggu jika ada TKI kita yang di PHK dan lain sebagainya oleh pihak perusahaanya disana namun sejauh ini belum ada laporan.


Tutup Irfan berharap semoga CPMI yang ada di dalam maupun diluar Negri agar menjaga kesahatanya tetap waspada dan tetap menjaga diri dan semoga virus korona ini dapat cepat berlalu.


( Dan )