Ketua RT 08 Kosong, Kades Rabakodo: Pilih Demokrasi Atau Aklamasi Hak Masyarakat




Jurnal Bima, 20 April 2020

Idris Thalib (53 thn) merupakan mantan ketua RT 08 demisioner usai ditemui media ini di kantor Desa Rabakodo woha pada senin (14/4) menyampaikan Rt yang dia pimpin alami kekosongan.


Idris merupakan ketua RT dari Dusun Labali Desa Rabakodo woha telah menerima SK dari kepala Desa Rabakodo terhitung 2020 ini.


Setelah SK telah diterima Idris sapaannya mengaku sudah tidak lagi menjadi ketua RT melainkan menjadi LINMAS yang setiap saat bekerja bersama Kades, Bhabinkabtimas, serta Babinsa dalam mengatasi kabtimas atau keamanan wilayah Desa Rabakodo Woha.


Dalam siaran PERS yang disampaikan Idris dirinya meski tidak jadi ketua RT namun sementara jasanya masih dibutuhkan untuk mengisi sementara namun jika kepala Desa atau masyarakat Desa RT 08 menggelar pemilihan maka dirinya secara otomatis tidak lagi menjabat RT.


Idris" sementara saya tetap diminta jadi RT jika dibutuhkan untuk alami mengisi kekosongan karena sudah ditunjuk jadi linmas, namun jika BPD atau kades lakukan pemilihan maka segeralah pemilihan untuk mengisi kekosongan jabatan ketua RT 08" kata idris.


Tutup Idris terkait gaji saya berdasarkan SK saya yaitu menjadi LINMAS namun untuk menerima gaji jadi ketua RT 08 lagi saya sudah tidak bisa maka lakukan pemilihan segera.


Sedangkan hasil konfirmasi dengan kepala Desa Rabakodo Woha Drs. Zumardani, M.Nur di Kantornya pada senin siang (20/4) membenarkan ketua RT 08 Dusun Labali alami kekosongan dan dirinya berharap jabatan RT 08 harus terisi secepatnya.

Maka itu Kades minta BPD tinjau dan bersama untuk menjaring untuk ketua RT 08 sehingga ketua RT 08 cepat terisi.


Meski dirinya memiliki hak veto untuk menunjuk ketua RT di Desa namun dirinya tetap menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat karena dirinya memahami kehidupan berdemokrasi.


Kades Rabakodo" untuk ketua RT 08 pengganti Idris saya limpahkan masyarakat mau aklamasi atau pemilihan Demokrasi itu terserah masyarakat yang penting aman dan lancar.

Tutup Kades, saya berharap BPD juga terlibat aktif menjaring bakal calon ketua RT 08 sehingga PEMDES dan BPD sama sama bekerja.


( Dan )