Peran Pemerintah Desa Kabupaten Bima-Dompu Dalam Mengatasi Penyebaran Covid-19







Abdul Gafur Atau Biasa disapa ABDEL Selaku Ketua Umum Forum Diskusi dan Silaturahim Mahasiswa Bima-Dompu (FOKUS-BIDOM) PPS UNM.

Virus Corona atau Covid-19 sebagai pandemi, karena telah menyebar ke lebih dari 200 negara di dunia. Akhir-akhir ini kita disuguhkan data peningkatan kasus Covid-19 di Tiap-tiap Provinsi jumah pasien terkonfirmasi positif dan jumlah pasien yang meninggal dunia. Data ini cukup memprihatinkan namun Pemerintah senantiasa berupaya untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Desa harus menjadi garda depan pencegahan dan penanganan pandemi virus corona di wilayah Binda dan Dompu.

Perintah Desa harus punya inisiatif dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, pasal 4 hurup (g) yaitu, salah satu tujuan pengaturan Desa adalah meningkatkan ketahanan sosial budaya masyarakat desa guna mewujudkan masyarakat desa yang mampu memelihara kesatuan sosial sebagai bagian dari ketahanan nasional. Sehingga desa dapat dioptimalkan untuk membuat ketahanan sosial baik dari segi pencegahan penyebaran Covid-19 maupun ketahanan ekonomi masyarakat desa dalam menghadapi pandemi ini.

PEMERINTAH desa di tengah merebaknya wabah Covid-19 saat ini bisa efektif ikut menanggulangi Covid-19. Efektivitas itu jika aparatur pemerintah desa bisa menggerakkan dan menyadarkan masyarakat untuk saling bekerjasama, baik dalam upaya pencegahan maupun dalam upaya pemenuhan bahan kebutuhan utama masyarakat yang paling mendesak.

Pemerintah desa dengan masyarakat desa melalui optimalitas penggunaan dana desa dan sumber-sumber pendapatan desa lainnya.
Dana desa yang bersumber APBN, bisa diarahkan untuk pencegahan wabah Covid-19. Saat ini adalah masa yang tepat untuk desa memikirkan produk utama yang bisa dihasilkan, sekaligus dimanfaatkan masyarakat desa itu sendiri dan bisa efektif mengurangi penyebaran Covid-19. Itu jika ada sinergitas antara pemerintah desa kabupaten Bima-Dompu dengan masyarakat yang berjalan serentak. Mungkin akan bisa kita atasi penyebanyara wabah covid 19 Melanda Daerah Kabupaten Bima Maupun Dompu.

Dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden terkait dengan prioritas penggunaan dana desa untuk memperkuat sendi-sendi ekonomi melalui Padat Karya Tunai Desa (PKTD), dan penguatan kesehatan masyarakat melalui upaya pencegahan dan penanganan COVID-19. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia menerbitkan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa. Adapun Ruang lingkup Surat Edaran ini meliputi (1) Penegasan PKTD, (2) Desa Tanggap COVID-19; dan (3) Penjelasan perubahan APBDes.

Untuk pencegahan penyebaran Covid-19 yang disebut dalam edaran ini adalah, desa di instruksikan untuk membentuk Relawan Desa Lawan Covid-19 yang terdiri dari semua elemen perangkat desa, tokoh masyarakat dan bermitra dengan Babinkamtibmas, Babinsa dan Pendamping Desa. Nantinya Relawan akan memiliki tugas dalam pencegahan penyebaran, penanganan terhadap warga korban Covid-19, dan melakukan koordinasi ke pemerintah daerah.

Implementasi kegiatan Relawan antara lain, sosialisasi Covid-19, pendataan penduduk yang rentan, pendataan fasilitas kesehatan, menyiapkan ruang isolasi, melakukan penyemprotan disinfektan, pemantauan perkembangan Orang dalam Pantauan (ODP) dan Pasien dalam Pengawasan (PDP), serta memastikan tidak ada kegiatan warga berkumpul atau kerumunan dalam rangka Physical Distancing. Sedangkan dalam konteks penanganan, Relawan dapat merekomendasikan kepada warga yang pulang dari daerah terdampak Covid-19 untuk melakukan isolasi diri
 baik dirumah masing-masing dengan pemantauan ataupun tempat isolasi yang telah disiapkan desa.

Implementasi pencegahan penyebaran Covid-19 dilakukan masyarakat melalui arahan pemerintah desa dapat sangat efektif jika diterapkan secara baik oleh semua desa di Kabupaten Bima.

Mari Kita Gunakan Pola Pikir & Dana Desa untuk pencegahan Covid-19

 Lakukan pola hidup bersih mulai dari diri kita, keluarga kita, tetangga kita, lingkungan masyarakat & pemerintah Untuk Melawan COVID-19.



( Dan )