SEKDA NTB Umumkan Pasien Positif Korona Di NTB Bertambah Menjadi 72 Orang



Jurnal Bima, 20 April 2020


Pemprov NTB melaporkan perkembangan kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) pada Minggu, 19 April 2020. Ada tambahan 11 pasien yang terkonfirmasi positif sehingga total 72 orang terinfeksi virus Corona di NTB.

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si mengatakan, Minggu, 19 April 2020 telah diperiksa 48 sampel dengan hasil 33 sampel negatif, 4 pasien sampel ulangan positif, dan 11 sampel kasus baru positif Covid-19.

Gita menyebutkan 11 tambahan kasus positif Covid-19 tersebut. Pertama, pasien nomor 62 inisial Tn. AR berusia 51 tahun. Merupakan penduduk Desa Tatebal, Kecamatan Lenangguar, Kabupaten Sumbawa. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar. Sedangkan riwayat kontak dengan pasien Covid-19 tidak pernah. Saat ini, Tn. AR menjalani karantina terpusat di Kabupaten Sumbawa dan kondisinya dalam keadaan baik.

Kedua, pasien nomor 63 inisial Tn. A berusia usia 48 tahun, penduduk desa Sukamulya, Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 tidak pernah. Saat ini, Tn. A menjalani karantina terpusat di Kabupaten Sumbawa dan dalam keadaan baik.

Ketiga, pasien nomor 64 inisial Tn. S berusia 52 tahun. Yang bersangkutan merupakan penduduk Desa Sukadamai, Kecamatan Labangka, Kabupaten Sumbawa. Riwayat perjalanan, pasien pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar. Tn. S tidak pernah kontak dengan pasien Covid-19. Saat ini, yang bersangkutan menjalani karantina terpusat di Kabupaten Sumbawa dan dalam keadaan baik.

Tambahan kasus positif keempat, kata Gita, pasien nomor 65 inisial Tn. SY berusia 63 tahun. Merupakan penduduk Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat. Pasien pernah kontak dengan orang sakit dengan gejala demam, batuk, pilek yang baru pulang dari Gowa Makassar dan Kota Mataram.
Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 tidak pernah. Pasien meninggal dunia tanggal 18 April 2020 setelah menjalani perawatan di RSUD H.L Manambai Abdulkadir Sumbawa,” terangnya.

Kelima, pasien nomor 66 inisial Tn. KA berusia 39 tahun. Merupakan penduduk Desa Bebidas, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Madura dalam 14 hari sebelum sakit. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 tidak pernah. Saat ini, Tn. KA dirawat di Ruang Isolasi RSUD R. Soedjono Selong dalam keadaan baik.

Keenam, pasien nomor 67 inisial Tn. LD berusia 61 tahun, penduduk Desa Bunut Baok, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 tidak pernah. Saat ini, Tn. FRI, APR 26, 2019 menjalani karantina terpusat di Kabupaten Lombok Tengah dan dalam keadaan baik.

Ketujuh, pasien nomor 68 inisial Tn. H berusia 64 tahun. Merupakan penduduk Desa Sukarara, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 tidak pernah. Saat ini menjalani karantina terpusat di Kabupaten Lombok Tengah dan dalam keadaan baik.

Kedelapan, pasien nomor 69 inisial Tn. MIS berusia 37 tahun, penduduk Desa Mantang, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 tidak pernah. Saat ini menjalani karantina terpusat di Kabupaten Lombok Tengah dan dalam keadaan baik.

Kesembilan, pasien nomor 70 inisial Tn. N berusia 20 tahun, penduduk Desa Sepakek, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 tidak pernah. Saat ini menjalani karantina terpusat di Kabupaten Lombok Tengah dan dalam keadaan baik.

Kesepuluh, pasien nomor 71 inisial Tn. A berusia 38 tahun. Merupakan penduduk desa Tanak Beak, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 tidak pernah. Saat ini menjalani karantina terpusat di Kabupaten Lombok Tengah dan dalam keadaan baik.

Dan ke-11, pasien nomor 72 inisial Tn. M berusia 59 tahun, penduduk Kelurahan Praya, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 tidak pernah. Saat ini, Tn. M menjalani karantina terpusat di Kabupaten Lombok Tengah dan dalam keadaan baik.

Sekda NTB ini mengatakan tidak ada tambahan pasien yang sembuh. Sedangkan pasien yang meninggal bertambah satu orang.Dengan adanya tambahan 11 kasus baru maka jumlah pasien positif Covid-19 di Provinsi NTB menjadi 72 orang. Dengan rincian, 11 orang sudah sembuh, 4 meninggal dunia dan 57 orang masih positif dan dalam keadaan baik.


( Dan )