Pengamanan Moto GP Di NTB Indonesia, Danrem Tambah 3 Koramil Ke Mandalika







Jurnal Bima, 16 Juni 2020


Korem 162/WB memperkuat pengamanan teritorial di Lombok Timur dengan menambah tiga Koramil. Masing-masing, Koramil Jerowaru, Koramil Sakra Timur, dan Koramil Wanasaba. Penambahan ini sebagai respons meningkatnya dinamika Provinsi NTB. Salah satunya yang akan menggelar MotoGP tahun 2021 mendatang.

Hal itu diungkapkan Danrem 162/WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani saat gelaran syukuran kenaikan tipe Korem 162/WB di Makodim 1615/Lombok Timur Sabtu, 13 Juni 2020. Kehadiran Danrem disambut Dandim 1615/Lotim, Letkol. Inf. Agus Prihanto Donny, Bupati Lotim H.M. Sukiman Azmy, dan Kapolres Lotim AKBP Tunggul Sinatrio.


‘’Keberadaan Korem sudah di-upgrade. Saya perintahkan prajurit untuk tetap dapat menciptakan komunikasi yang intens terhadap perkembangan situasi pelaksanaan Pilkada 2020 dan event internasional di NTB,’’ pesan Danrem.

Korem 162/WB akan menambah pasukan dengan membentuk Koramil baru. Khususnya di wilayah Lombok Timur bagian selatan yang punya akses langsung menuju KEK Mandalika di Pujut, Lombok Tengah. KEK Mandalika akan memiliki sirkuit yang akan dilintasi pebalap MotoGP.


Program yang telah diberikan kepada Kodim Lotim dalam waktu dekat akan dibangunkan tiga Koramil dan rehab asrama. ‘’Ini luar biasa dan patut diapresiasi,’’ tegas Jenderal Bintang Satu tersebut penuh semangat.

Sementara Dandim 1615/Lombok Timur, Agus Prihanto menambahkan, tiga Koramil yang akan dibangun yakni Koramil Jerowaru, Sakra Timur dan Wanasaba. “Lahannya sudah ada tinggal dibangun. Namun karena wabah Covid-19 sehingga tertunda dan mudah-mudahan tahun ini bisa dibangun,’’ harapnya.


Dipilihnya wilayah selatan sebagai tempat pembangunan Koramil, menurut mantan Danyonif 742/SWY tersebut, karena wilayah selatan rawan terjadinya tindakan kriminalitas dan juga MotoGP akan dilaksanakan tahun depan yang tidak menutup kemungkinan akan berimbas positif pada pariwasata Lotim.


( Dan )