Waduh..! Kritik Minta Honor BOS Dinaikan, 2 Guru Sukarela Dipecat KEPSEK Pandai



Jurnal Bima, 6 Juni 2020



Karena mengusulkan tambahan honor pada saat rapat pembagian gaji melalui Dana Biaya Operasional Sekolah (Bos), Kepala Sekolah SDN Inpres Pandai, Ismail, Spd, Merasa geram dengan memecat seorang guru sukarela  Dina Mariana, Spd, secara sepihak.

Dina Mardiana, Spd, Salah seorang guru honor yang dipecat, Menuturkan, 
Pada hari Rabu tanggal (03/06) kemarin, seluruh guru diundang untuk rapat  pembagian honor  Dana BOS, didalam rapat semua guru suka rela meminta kenaikan honor dari Rp  750 ribu per triwulan yang biasa diterima menjadi Rp 1 juta, karena  pencairan dana bos yg semula 4 kali dalam setahun sekarang sudah menjadi 3 kali setahun. Ujarnya melalui rilis yang dikirim via wath app pada media ini. Kamis tanggal (04/06).

Diana Mengatakan, Karena Dana BOS cairnya 4 bulan sekali sehingga nominal dana bos pun meningkat menjadi Rp. 75.600.000,00,  Atas dasar itulah para guru-guru meminta kenaikan Honor,
sesuai  dengan aturan baru dari Permendikbud bahwa dana bos maksimal 50% untuk pembayaran guru sukarela. Ucapnya.

Namun  kepala sekolah tetap tidak mau terima dengan usulan tersebut dan ngotot tidak mau menaikan honor para guru sukarela dan sekaligus tidak mau membayarkan honor para guru sukarela. Jelasnya.

Diana melanjutkan, karena tidak terima dengan usulan tersebut,  Ke esokan harinya pada hari Kamis tanggal (04/06) kepalah sekolah Ismail Spd  langsung mengeluarkan  surat pemberhentian atas nama Diana Mardiana, Spd, surat tersebut dengan memakai tulis tangan dan tidak memakai kop sekolah meskipun itu dicap basah oleh kepsek bersangkutan.

"Atas dasar itu, saya langsung diberikan surat pemberhentian dengan memakai tulis tangan dan tanpa ada kop sekolah, sedangkan saya sudah memiliki legalitas resmi yaitu memiliki NUPTK sebagai dasar  pengabdian di SDN Ipres Pandai. Sesalnya.
 
Sampai berita ini di turunkan,Media mencoba mengkonfirmasinya Kepsek Ipres Pandai, Ismail, Spd, melalui via cell namun tidak aktif.



( Dan )