Pahlawan Literasi Bima Tutup Usia, Gubenur DKI Jakarta Berduka Cita




Jurnal Bima, 8 November 2020



Muhamad Rustam, S.Pd merupakan salah satu aset putra terbaik Bima dalam menebarkan ilmu pendidikan, sosok rustam menjadi salah satu inpirasi bagi kalangan muda dengan ilmu yang dia dapatkan dari kampus selama menempuh kuliah menjadikannya adalah sosok pahlawan literasi bagi Bima Indonesia umumnya.


Siapakah sosok Muhamad Rustam? 


Pria kelahiran Desa Raba Kecamatan Wawo Kabupaten Bima lahir Tahun 1994 ini merupakan kebanggan warga Desa setempat pasalnya mampu membanggakan nama Wawo dengan pengabdian dan kegigihan yang dia miliki sampai menitih kesuksesan.


Dalam jenjang karirnya almarhum menempuh gelar strata 1 di Kampus Universitas Negeri Makasar dan meraih gelar sarjana tahun 2018 dengan susah payah.


Rustam dalam kampus dirinya dikenal sebagai sosok yang ramah murah senyum dan disiplin dalam mengemban tugas kesuksesannya dikampus menjadikan dirinya lolos mejadi ketua BEM di Kampus setempat.


Usai sarjana kemana Almarhum meniti karir?


Rustam dikenal sebagai pahlawan literasi karena terjun serta terlibat dalam mencerdaskan anak bangsa di pelosok desa dirinya mengabdikan diri menebarkan ilmu pengetahuannya tanpa digaji demi menebarkan ilmu pada masyarakat awam terutama siswa yang mengalami nasip putus sekolah, beberapa Desa Ditempatkan oleh guru hebat ini diantaranya di Lakey Hu u Dompu pernah mengajarkan ilmu literasi untuk anak putus sekolah selain itu Rustam pernah diutus ke KLU pulau Lombok untuk membangun kembali karakter siswa dan anak anak akibat trauma bencana gempa bumi.


Kisah sedih dialami almarhum saat dikirim di Pulau pelosok indonesia di Natuna demi menebarkan ilmu pendidikan pada anak putus sekolah, kisah sosoknya yang banyak menyebut diri sebagai pahlawan literasi.


19 Oktober 2020 Almarhum melepas masa lajangnya mempersunting wanita asal Desa Rupe kecamatan Langgudu dengan tekad kuat justru nasip merubahnya saat mengikuti tes CPNS 2020 sang pahlawan literasi lolos PNS dengan nilai tinggi namun Tuhan berkendak lain justru almarhum lebih disayangi tepat 7 November 2020 Rustam tutup usia diusia ke 26 tahunnya meninggalkan istri dan ibu kandungnya yang terbaring lemah karena penyakit di deritanya.


Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya di RSUD Bima pukul 13.00 WITA dipangkuan sang istri, tangis haru berlinang di pipi kerabat dan keluarga almrhum tak terbendung mendengar sosok rustam pergi kepangkuan ilahi selama lamanya.




Tak sedikit ucapan belangsung kawa atas kepergian sosok pahlawan literasi yang dikenal sebagai sosok yang mandiri, ucapan duka cita juga datang dari Gubenur DKI Jakarta Anis Baswedan merupakan mantan Mentri pendidikan ini merasa Bima Indonesia umumnya telah kehilangan sosok yang menjadi inspirasi bagi semua karena kegigihan dan kesabaran mengajar menebarkan ilmu yang dimiliki pada anak pelosok desa tertinggal ilmu pengetahuan.



Selamat jalan Rustam selamat jalan pahlawan literasi semoga perjuanganmu akan selalu dikenang selamanya dan semoga akan lahir rustam rustam yang lain di negri Bima Indonesia..!



( Dan )